Uji Kinerja Soal UM Online Tahun Pelajaran 2020/2021 di MTsN 1 Wonogiri

Wonogiri – Dalam rangka mewujudkan pelaksanaan ujian madrasah yang lancar, valid, dan berkualitas, pada hari Kamis, 18 Maret 2021 telah dilaksanakan uji kinerja soal UM Online tahun pelajaran 2020/2021 di MTs Negeri 1 Wonogiri. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala MTs Negeri 1 Wonogiri, Drs. H. Marimo, M. Pd, bersama Waka Kurikulum selaku koordinator dan dua belas orang guru mata pelajaran yang merupakan penyusun naskah kisi-kisi, soal, dan kunci jawaban ujian madrasah.

Dalam sambutannya Kepala MTs Negeri 1 Wonogiri menyampaikan betapa pentingnya kegiatan tersebut dilaksanakan agar dapat mengurangi sekecil mungkin kesalahan yang terdapat di dalam naskah soal, kesesuaian dengan kisi-kisi, maupun ketepatan kunci jawaban. Apa lagi dengan moda ujian madrasah online dan sebagian besar peserta ujian mengaksesnya menggunakan perangkat smartphone maka harus dipastikan bahwa seluruh soal dan pilihan jawaban bisa ditampilkan dengan jelas dan sempurna.

Bertindak sebagai peserta uji coba sekaligus korektor adalah para guru penyusun kisi-kisi dan naskah soal ujian madrasah. Adapun hal-hal yang menjadi fokus pemeriksaan adalah kelengkapan jumlah soal, konstruksi soal, dan kesesuaian kunci jawaban. Hal ini dilakukan mengingat terdapat proses yang membutuhkan ketelitian dalam mengubah naskah yang berupa dokumen ms. Word menjadi naskah ujian online.

Secara umum hasil uji kinerja naskah soal UM online yang akan dipakai dari tanggal 29 Maret sampai dengan 5 April 2021 tersebut dinyatakan siap digunakan. Beberapa koreksi yang disampaikan oleh guru mata pelajaran di antaranya soal-soal yang memuat gambar atau grafik yang tidak muncul serta beberapa yang berhubungan dengan simbol-simbol operator matematika, yang langsung dilakukan perbaikan saat itu.

Sebagai tambahan, tim proktor ujian madrasah bersama waka kurikulum menggunakan aplikasi ZYACBT sebagai media ujian online. Hal itu dikarenakan ada beberapa fitur yang lebih mudah dalam mengelola naskah soal menjadi ujian online seperti memasukkan gambar langsung di tabel template soal. Namun demikian aplikasi tersebut belum bisa menterjemahkan naskah teks arabic, teks aksara jawa, maupun struktur kalimat matematik equation, sehingga harus mengubahnya menjadi format gambar.

Salam Maadrasah Hebat Bermartabat